21 Jan 2015

Antena Portable USB Modem Sistem Induksi

Hari ini saya akan sharing cara membuat antena portable usb modem gsm/cdma untuk frekuensi kerja 800 MHz. Hal ini berawal dari sinyal yang hilang-timbul di dalam rumah. Saat ini yang saya pakai adalah USB modem smartfren EC1261-2 CDMA 2000 x 1/EV-DO Rev-A Unlock. Karena kartu yang saya gunakan adalah Flexi Broadband maka antena portable modem saya desain bekerja pada frekuensi 800 MHz.



Sebelumnya mungkin Anda pernah melihat antena yang seperti ini :
Antena seperti di atas harganya bisa ratusan ribu rupiah, namun dengan sedikit trik kita dapat membuat antena dengan kemampuan kerja tidak kalah seperti di atas dengan biaya yang sangat murah bahkan dapat dibilang gratis. Berikut saya share rancangan pembuatan antena modem portable sederhana namun hasilnya luar biasa.
Sebenarnya ada banyak sekali sistem antena omnidirectional yang dapat kita buat. Kali ini saya merancang antena dengan sistem base-loading dan pembalik-fasa. Karena modem yang saya gunakan tidak tersedia konektor antena eksternal, maka pada desain kali ini saya menggunakan sistem induksi. Berikut skema antena portable modem smartfren yang saya buat :















Alat dan Bahan :
  1. Kawat tembaga diameter 1 mm dengan panjang total  sekitar 120 cm
  2. Pipa PVC / barang yg berbentuk Tabung dgn diameter 1-2 cm
  3. Kaleng Minuman Bekas.
  4. Tang potong, Gergaji besi / Gunting Seng, Solder, Timah, Spidol, dsb
Cara Pembuatan :

  1. Ambil kawat tembaga tersebut untuk di kupas dari kulit nya, setelah itu luruskan kawat tersebut lalu ukur panjang kawat sampai 20 cm dan beri tanda dengan spidol.
  2. Selanjutnya, dari tanda tadi ukur lagi 18 cm kemudian beri tanda lagi untuk yg kedua, kemudian ambil pipa PVC kemudian dari tanda pertama lilitkan kawat melingkar membentuk spiral pada badan pipa sampai tanda kedua kemudian keluarkan pipa tersebut dari lilitan secara perlahan agar tidak merusak bentuk lilitan tadi. sobat sekalian juga bisa membentuk model pada tiap ujung spiral yg di buat tadi.
  3. Setelah Spiral sudah di bentuk luruskan kawat lagi sepanjang 20 cm kemudian beri tanda lagi dengan spidol.
  4. Setelah itu, ambil pipa PVC dan buat lilitan lagi pada badan pipa. kali ini tidak perlu diukur berapa cm panjang lilitannya, cukup dengan membuat 3x lilitan saja.
  5. Setelah Spiral kedua terbentuk, amankan untuk sementara kawat tersebut kemudian ambil kaleng bekas minuman dan bersihkan cat kaleng, lalu potong bagian bawah kaleng tersebut sepanjang 1-2 cm usahakan jangan lebih, kemudian beri lubang kecil untuk memasukkan kawat tadi pada bagian tengah dan alas yg sudah dipotong tadi seperti gambar berikut : 
  6. Setelah itu, masukkan kawat yg sudah di bentuk tadi, cara memasukkannya dari ujung kawat yang belum dibentuk dan keluarkan lewat lubang yg di samping sampai spiral kedua menyentuh dasar kaleng. kemudian solder kedua lubang tersebut agar antena bisa tegak berdiri. seprti gambar berikut :
  7. Kemudian buat spiral lagi pada bagian kawat yg keluar dari lubang samping kaleng, tapi kali ini gunakan modem yg biasa di pakai untuk dudukan alas pembuatan spiral, buat 4x lilitan saja. Pastikan pada saat pembuatan spiral jarak dari Spiral kedua dan spiral induksi ke modem di bawah 10 cm. setelah itu luruskan sisa kawat dan ukur sampai 9 cm dari ujung spiral induksi lalu potong sisanya.
  8. Akhirnya..... Jadilah Antena Portable buatan anda sendiri
Berikut gambar Antena Portable buatan sendiri yg sudah saya buat....
1. Pembalik Fase          2. Base-Loading          3. Kumparan Induksi

Berikut Gambar Antena yg saya buat beserta modem yg saya gunakan

Dalam hal ini saya juga menggunakan Kabel Perpanjangan USB untuk koneksi ke Laptop agar mudah mencari tempat yang tepat buat Antena Portable tsb.
Setelah menggunakan Antena buatan saya ini Signal modem yg sebelumnya ilang2 pada 1-2 bar sekarang menjadi stabil pada 4 bar, serta lumayan juga speednya.. MAU BUKTI...

Bukti 3x Speedtest tanpa Menggunakan Antena Portable





Dari hasil Speedtest seperti ini apa yg bisa anda perbuat untuk download dan upload data.

Bukti 3x Speedtest dengan menggunakan Antena Portable buatan sendiri





Lumayan kan hasilnya.... Alhamdulillah bisa dikit mempercepat Download dan Upload data.

Tidak ada komentar :